Tuesday, May 1, 2007

2 hours


“Sebenarnya enggan aku memulai percakapan ini, karena perasaanku mengatakan dinding di sekitar kita ini bertelinga, rongga pori besar sehingga dapat meresap apapun yang akan kita bicarakan , bu “m” bisa nggak selepas pulang kerja, bisa mampir kerumahku ???? ?? kebetulan suamiku pulang agak malam ada pelatihan mengenai kepekaan jender katanya, nggak tau tuh setelah ia membaca beberapa buku berbau- bau jender ia mulai tertarik mungkin ia tercerahkan oleh bacaan itu, memang di kita atau diindonesia semacam produk baru yang memang mungkin masuk menjadi sebuah disiplin ilmu baru bagi masyarakat kita pada umumnya. tadi pagi sebelum aku suami ku pergi kekantor ia bercakap cakap dengan ku” bahwa ada sebagai kebudayaan tercipta oleh kontruksi sosial yang tidak baik, harus memang dirubah dan alangkah baik nya bila adil dan kesetaraan pada saat ini tercipta atas dasar kesadaraan dari setiap individu kata nya” memang aku mengingikan sekali dan sangat setuju bila itu semua bisa terwujud, ya setidaknya dalam sekop kecil aja dalam lingkungan keluarga .omong –omong bu “m” biar lebih bebas “merdeka” dalam arti tidak terikat, tidak tertekan , tidak terpaksa pun tidak ketakutan pula terhadap pihak pihak diluar kita,” dan nggak enakkan kalau cerita dilingkungan rumah kita di curahkan di kantor, agak riskan gitu,!!! kan lebih enak dan santai kalau kita obrollin dirumahku .“ Kaya ya aggak serius nich obrolan kita entar sore bu “ell???” enggak sich, lagian sudah lama kita tidak ngobrol- ngobrolkan bu “m” ???meskipun rumah kita berdekatan, biar sedikit lebih peka gitu , keberadaan dan yang terjadi sekitar lingkungan rumah kita, aku bikin proll tape looh bu “m”!!!!. oke aku tunggu looh dirumahku “ bu “m”. !!! ! tapi bu ell !!! “ aku kayanya ada perlu sebentar untuk mencari sesuatu, untuk nanti makan malam buat suamiku dan anak anak,” biasa “, yang memasak suamiku, !!! udah lama anak anak kangen ama masakan papanya, jadi aku mesti beli bahannya dulu, kita nggak bisa pulang bebarengan loh hari, jadi bu ell pulang duluaan ajanya nggakk apa apakan???? pokoknya aku pasti kerumah kamu dech ell” oke aku tunggu loh “m “ -sepenggal percakapan antara Bu “m” dan bu ell rekan kerja sekaligus teman satu komplek perumahan cuman beda RT. jarak antara rumah ibu ell dan ibu m tidaklah terlalu berjauhan hanya terhalang oleh dua blok saja. Saat itu hari kamis hujan rintik- rintik, awan hitam menghiasi angkasa disertai angin dingin khas suasana musim hujan. Mereka pulangn masing - masing , karena di pisahkan oleh kepentingan yang mendasar kebutuhan yang harus di penuhi untuk keluarganya.
Udah jam 20.00 kok bu m belum datang ya. --- tak lama kemudian---Tok…. tok ….tok…. suara ketukan pintu terdengar, ahh itu dia mungkin bu “m “ yang datang, guman bu ell dalam hati, ---- tak lama ia membukakan pintu depan rumahnya”, ohhh silakan masuk looh bu’m’ udah ku tunggu kedatengannya, ell ‘’ lebih enak didepan aja adem jawab bu m” sambil membetulkan letak payung yang ia bawa, bener nich , dingin loh bu “m “ diluar, nggak apa apa kok aku seneng sambil liat bunga dan tanaman yang kamu tanam ell” . “ ell” anggrek ya baru lagi ya ell ?? “tanya bu m’’ oh itu yang warna 0unggu, ya “m” bu “itu kan pemberian ibu markus, kamu masih ingatkan ibu markus “ m” ??? bu ell balik tanya ??? ibu markus bentar aku ingat ingat dulu ell. kalau engga salah yang , rumah nya kan , dekat ibu yuli yang dulu mengelola koperasi di lingkungan kita ell.,??? betul sekali m”?? nah itu dia yang akan kita bicarakan “m” mengenai koperasi diling kungan kita dan pengelolalaannya yang saya rasa sekarang ini agak kurang apa yang yang pantas aku katakan, agak kurang baik mungkin atau lebih tepatnya kurang sehat begitu , llohh memang nya ada apa dengan koperasi dilingkungan kita bu “ell” aku sich memang dari dulu rada kurang tertarik untuk menjadi anggota “bu m menimpali, dan dengan penuh kepenasaran. Ya udah kamu duduk dahulu !!!! beneran nich disini di teras aja nggak diruang tamu aja , ----- rumah bu ell terletak diujung jalan sehingga, luas tanah agak besar dan ia manfaat kan untuk menanami berbagai pohon dan bunga – bunga sehingga tampak lah sejuk pemandangan dipelataran rumah bu ell, karena bu ell, memang paling suka menata rumahnya sendiri, terlihat dari penataan teras, beraneka macam pot terlihat , lengkap dengan tanamannya , ya tidak agak besar tetapi sangatlah nyaman untuk bersantai, sambil melihat tanaman bunga yang ia tanam, dua sofa dan satu meja melengkapi halaman teras depan rumah ibu ell menambah kenyaman tempat itu .---- “m” aku tinggal dulu ya saku buat kan minum sekaligus akau bawakan prool tape yang aku janjikan tadi. biar agak seru oke, selintas bu ell masuk kedalam dan tidak lama ia membawa minuman dan hidangan yang telah disiapkan, dan langsung disajikan diatas meja, monggo loh bu tehnya dan kuenya “bu ell menawarkan.” ya kita lanjutkan lagi tadi sampe dimananya onbrolan kita ??? tanya bu ell, diskusi ringan gitu, bu ell” timpal”bu m” biar agak kerreen dikit doonkk, oh ia mengenai koperasi, “kebetulan bu ell aku sedikit rada ngertilah karena beberapa hari yang lalu membaca dalam situs internet mengenai koperasi tapi secara umumnya tapi ya lumayan lah “ bu ell “ nambah sedikit wawasan ku mengenai koperasi . di sambi loh minum dan kuenya bu “ell menawarkan, “ giniloh bu ell sekilas yang ku tangkap dari yang ku baca mulai dari arti koperasi : koperasi adalah merupakan singkatan dari kata ko / co dan operasi / operation. Koperasi adalah suatu kumpulan orang –orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan undang – undang nomor 12 tahun 1967, koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang – orang, badan badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan, dan kalau fungsinya adalah sebagai urat nadi kegiatan perekonomian Indonesia, juga untuk meningkatkan kesejahteraan warga Negara Indonesia. trruuss kalau peran dan tugas koperasi , meningkatkan taraf hidup sederhana masyarakat formal Indonesia, mengembangkan demokrasi ekonomi di Indonesia , mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara menyatukan, membina, dan mengembangkan setiap potensi yang ada.
gitu looh bu “ yang aku baca, tapi yang “Bu m “ bu ell memotong “yang aku rasa dari mula sebagai anggota koperasi aku alami tidak seperti yang kamu ceritakanya, sebab dari artian koperasinya juga sudah berbeda di tempat kita , koperasi menjadi artinya menjadi lain, menjadi ” kookk diperasi” gitu ya ell, maksudnya gimana??? pernah suatu saat ada promo suatu produk alat rumah tangga, bekerjasama dengan koperasi , mereka menawarkan barang, dan apabila kita mau mengajukan kredit ntuk barang tersebut kita dikenai biaya dahulu yang harus disetorkan kekoperasi, nggak masuk akalkan “bu ‘, yang aku sayangkan adalah “ ya kaya apa yang kamu bilang tadi “ m” mesti digaris bawahi bahwa koperasi itu ya sebagai sarana untuk mempermudah lllaa..hhh, bagi anggotanya apabila memerlukan batuan berdasarkan rasa kekeluargaan eehhh kok malah kita dipunguti biaya dulu gimana sich, sistem pengelolalaannya !!!!!!!!!!, laun hari semakin malam waktu merayap mengikis waktu , suasana hujan dengan kepekatan gelapnya, hari semakin larut waktu menunjukan 21.00. wib.
“ jam berapa ya bu, aku ngak bawa jam nich, “oh baru jam 21.00 bu”m, jawab bu ell, sambil mengintip dari sela sela jendela, melihat jam yang terpaku di diding ruang tamunnya.
“ bu m” belum mau pulang kan tanya bu ell ??? ya udah akupun masih penasaran kok dengan apa yang kamu ceritakan ell., belum lama inipun aku mengalami hal lain yang tidak mengenakan perasaan ku “m “ dua hari yang lalu bu “ ine “bercerita pada ku “ dia memang pada saat itu memerlukan uang untuk membayar biaya sekolah anaknya, dengan keyakinannya berangkat dech dia menemui bu markus untuk mencari pinjaman ke koperasi tapi bukannya berhasil mendapat pinjaman, malah kekecewaan yang ia dapatkan, ia hanya dapat jawaban yang tidak mengenakan. Looh kok begitu ???? masa bu markus menjawab entar siang lah atau entar sorelah dan yang anehnya ia dengan tega teganya mengatakan” giliran butuh aja kamu kesini, kok teganya bu markus bertindak seperti itu , “bu ell’ jangan jangan dibelakang itu memang ada permasalahan antara mereka berdua, nggak tau dech “ bu m” yang aku takut kan adalah bagaimana bila semua anggotanya mendapat perlakuan yang sama ????? pada hal kan bu markus itu harus profesional dalam mengelola koperasi, harus bisa membedakan urusan pribadi dan urusan lainnya kan, bu” ia dong ell aku setuju banget dengan pendapat kamu !!! emang sudah berapa lama “ bu markus jadi berubah begitu, nggak tau tuch “ m” tapi yang aku tau sich baru ahir-akhir ini, yang aku sayangkan perlakuannya itu loh ell bu “bu M ketus” bu marcus bicara lebih banyak emosinya ketimbang rasio, dengan adanya koperasikan ya sedikitnya harusnya kita terbantu lah, untuk medapat fasilitas, pinjaman atau apalah yang ada dikoperasi dan harusnya ia tidak bertindak seperti itu. ya itu dia dengan adanya kejadian itu mungkin aku tidak lama lagi megundurkan diri dari keanggotaan koperasi “ bu M” , Suasana menyepi semilir udara dingin mengundang kantuk, kerinduan dan kehangatan berkumpul dengan keluarga kembali. Bu ell, kalau itu memang keputusanmu semoga keputusan yang memang tepat dan sudah dipikirkan. bu “malam semakin dingin nich aku pamitan pulang aja ell, ngantuk banget sebenarnya aku masung pingin lama Cuma mataku berat banget, oke dech bu” aku seneng banget bisa ngobrol dan mengeluarkan sedikit unek unek dalam kepalaku, makasih ya bu m. Langkah perjalanan hidup memang dipenuhi warna warni pesona dengan kekomplekkannya, bu ‘’m pulang menutupi pintu gerbang dan mulai melangkahkan dalam kehidupannyata kembali untuk berkumpul dengan keluarganya. percakapan 2 jam itu membukakan cakrawala baru tentang pengalaman perasaan, dan rasa kemanusiaan yang terbendung dalam hati dan perasaan mereka berdua.
20 maret 2006
-sigit tea-